"when skill meet power..."

WeLCoMe to My RooM.......


Welcome... SelamaT DatanG... Sugeng Rawuh... 谢谢... 감사... Semoga BermanfaaT...

Dasar-dasar Asuransi


Pengertian risiko adalah suatu ketidakpastian tentang kejadia pada masa depan. Seseorang atau suatu perusahaan dapat menghadapi risiko dengan cara: menghindari (risk avoidance), mencegah (risk control), menahan (risk retention) atau memindahkan risiko (risk transfer).

Penghindaran risiko (risk avoidance) adalah praktik menghindari risiko dengan menurunkan atau menghilangkan partisipasi dalam sebuah kegiatan. Pengendalian risiko (risk control) adalah praktik meminimalkan frekuensi atau keparahan kerugian dari kegiatan berisiko. Penahanan atau penyimpanan risiko (risk retention) adalah praktik penutupan kerugian suatu perusahaan dengan dananya sendiri, misalkan suatu perusahaan mungkin sadar bahwa lebih murah membayar perbaikan kendaraannya dengan biaya sendiri daripada menyerahkan klaim ke perusahaan asuransi. Ketika potensi risiko yang lebih tidak dapat dihindari atau dikendalikan, perusahaan terkadang memilih pemindahan risiko (risk transfer). Pemindahan risiko adalah praktik pemindahan risiko suatu perusahaan ke perusahaan lain—sebut saja, suatu perusahaan asuransi.

Dalam memindahkan risiko ke perusahaan asuransi, perusahaan membayar sejumlah uang yang disebut Premi (premium). Perusahaan asuransi menerima premi menerbitkan polis asuransi (insurance policy). Polis asuransi adalah suatu perjanjian resmi untuk membayar kepada pemegangnya sejumlah uang tertentu pada saat terjadi kerugian tertentu. 

Jadi, asuransi adalah salah satu mekanisme pengalihan risiko (a risk transfer mechanism). Keberadaan asuransi bukanlah membatalkan risiko, melainkan memberi bantuan financial kepada pihak-pihak yang terkena risiko.