"when skill meet power..."

WeLCoMe to My RooM.......


Welcome... SelamaT DatanG... Sugeng Rawuh... 谢谢... 감사... Semoga BermanfaaT...

Paypal untuk Transaksi dan Bisnis Online


PayPal didirikan pada tahun 1998 yang merupakan hasil Merger antara Confinity yang didirikan oleh Peter Andreas Thiel dan Max Leuchin dengan X.com yang didirikan oleh Elon Musk. Confinity adalah perusahaan yang bergerak di bidang kriptografi sekaligus alat pembayaran Palm Pilot, sedangkan X.com adalah perusahaan penyedia jasa perencanaan keuangan.

Dengan menggunakan PayPal, kini setiap orang bisa menerima dan mengirim uang melalui internet dengan cepat, mudah,dan lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit.

Seiring dengan meningkatnya jumlah rekening pemilik, PayPal semakin memberi kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam bertransaksi.
PayPal saat ini sudah bisa dimanfaatkan oleh para pengguna dari Indonesia, setelah beberapa waktu sebelumnya tidak mungkin dilakukan, baik untuk sekedar menerima dan mengirim uang maupun untuk menunjang aktivitas bisnis.


Tentang PayPal
Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan mekanisme transaksi yang digunakan, sistem pembayaran juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan.Dan saat ini sudah berkembang Virtual Payment sebagai cara pembayaran melalui internet. Dengan virtual payment, pembayaran bisa dilakukan secara real time tanpa harus menggunakan kartu kredit.

PayPal adalah salah satu Virtual Payment paling populer saat ini. Dalam situsnya, PayPal mendefinisikan dirinya sebagai "cara perorangan dan bisnis mengirim dan menerima uang secara online". PayPal adalah payment processor yang memiliki peran sebagai media pembayaran antara pembeli/pengirim dan penjual/penerima. Dengan menggunakan PayPal transaksi tidak menggunakan kartu kredit namun menggunakan saldo yang ada dalam rekening PayPal.
Kepemilikan rekening PayPal tidak berupa angka, namun berupa alamat Email. Dengan alamat Email itulah yang akan digunakan untuk membayar, mengirim, meminta uang, atau menerima pembayaran.

Membuat Rekening PayPal 
PayPal memiliki jenis rekening yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna sesuai kebutuhan. Kita dapat membuat dan memiliki rekening PayPal tanpa harus membayar alias Gratis. Dengan syarat, kita harus memiliki alamat Email dan Kartu Kredit untuk Verifikasi senilai $1.96 yang akan menjadi saldo di PayPal.
Sebelum kita membuat PayPal, kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya.
1. Personal
Rekening Personal digunakan jika kita hanya ingin menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran saat belanja ( Online Shopping ) atau sekedar menerima dan mengirim uang. Rekening ini tidak dibebani biaya saat bertransaksi, tetapi fitur yang dimiliki sangat terbatas yaitu tidak dapat digunakan untuk menerima uang yang dikirim melalui kartu kredit maupun debit dan hanya bisa menerima kiriman uang maksimal$1000 per bulan.
2. Premier
Rekening ini memiliki semua fasilitas yang ada pada rekening Personal ditambah dengan merchant tools yang disediakan sebagai media transaksi online. Rekening ini cocok untuk anda yang ingin memanfaatkan internet untuk menjual produk atau jasa. Kelebihan lain adalah, bisa menerima kiriman uang melalui kartu kredit atau debit. Tetapi rekening ini dibebani biaya saat menerima kiriman uang atau saat pembayaran.
3.Business
Rekening Business memiliki fungsi yang sama dengan Premier. Hanya saja, rekening ini cocok digunakan oleh perusahaan karena adanya fitur multi user yang dapat diakses lebih dari satu orang.
Untuk membuat rekening PayPal kita dapat mendafatar di www.paypal.com/id jika ingin menggunakan tampilan berbahasa indonesia. Selanjutnya ikuti langkah demi langkah yang diberikan.
Status Rekening
> Confirmed
Suatu alamat (Email) rekening PayPal disebut Confirmed jika pemilik rekening sudah melakukan validasi. Meskipun sudah berstatus confirmed, rekening belum dapat digunakan. Untuk itu kita harus melakukan Verifikasi agar statusnya menjadi Verified.
> Verified
Setelah melakukan pembayaran melalui kartu kredit, Paypal akan meberikan 4 digit nomor untuk verifikasi yang ada di dalam tagihan kartu kredit.
> Closed
Status Closed adalah status rekening yang tidak bisa digunakan lagi karena ditutup oleh pemilik rekening
Fitur PayPal
1. My Account
My account adalah pusat informasi berupa fasilitas yang bisa digunakan oleh pemilik rekening untuk melihat jumlah uang yang dimiliki, menambah dana, mengambil uang, mengecek catatan transaksi yang sudah dilakukan, melakukan laporan jika terjadi kesalahan, dan profil pemilik.
1.1. Overview
Overview berisi informasi profil pemilik, waktu dimulainya kepemilikan, jenis, status, dan saldo.
1.2. Add Fund
Menu ini digunakan untuk menambah dana direkening Paypal. Tetapi hingga saat ini penambahan dana hanya bisa digunakan oleh mereka yang memiliki rekening di Bank Amerika.
1.3. Withdraw
Withdraw digunakan jika kita ingin mengambil dana yang ada di rekening PayPal ke rekening tabungan/ kartu kredit.Withdraw hanya bisa digunakan oleh pemilik rekening Premier dan Business dengan status Verified.
1.4 History
Digunakan untuk melihat catatan atau kegiatan transaksi yang telah dilakukan berdasarkan kriteria  yang anda pilih.
1.5 Resolution Centre
Fitur ini digunakan sebagai one-stop location untuk saling berkomunikasi dan memberi solusi jika terjadi masalah antara pihak pembeli, penjual, dan PayPal.
1.6 Profile Summary
Fitur ini sebagai pusat data dan informasi milik pemegang rekening.
2. Send Money
Menu ini berisi fasilitas yang bisa digunakan oleh pemilik rekening untuk mengirim uang kepada pihak lain. Anda dapat mengirim uang meskipun si penerima email belum memiliki acount PayPal
3. Request Money
Fitur ini digunakan untuk meminta pembayaran atau uang melalui E-mail baik untuk keperluan transaksi bisnis maupun hanya sekedar meminta kiriman uang dari pihak lain.
4. merchant Tools
Merchant Tool adalah fitur PayPal yang bisa dimanfaatkan oleh anda yang memiliki bisnis atau sering melakukan transaksi secara online. Merchant Toll hanya bisa digunakan oleh pemilik rekening Premier dan Business.
 
Berbisnis dengan PayPal
Setelah mengenal, memiliki dan mengetahui bagaimana menggunakan fitur PayPal, kita bisa memanfaatkan untuk berbisnis. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk menambah pundi-pundi PyPal adalah :
1. Menjual Produk Sendiri
2. Menjual Jasa
3. Menjual Produk Lisensi
4.Menjual Produk di eBay
5. Berbagi Produk Gratis
6. Afiliasi
7. Afiliasi PayPal

Learning By Doing
1. Produk
2. Domain dan Hosting
3. Membuat Tombol Buy Now PayPal
4. Penempatan Tombol BuyNow
5. Upload
6. Promosi