"when skill meet power..."

WeLCoMe to My RooM.......


Welcome... SelamaT DatanG... Sugeng Rawuh... 谢谢... 감사... Semoga BermanfaaT...

Standar Keterbukaan Informasi di RI, Terbaik di Dunia

 
 
Standar disclosure (keterbukaan informasi) di Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia, bahkan setara dengan India, Amerika Serikat, dan Inggris.

"Kita (standar disclosure Indonesia) di Singapura, Hong Kong, Thailand, dan Malaysia jauh di bawah Indonesia," ujar CEO Merrill Lynch Lily Widjaja, dalam paparannya di Forum on Strengthening the Integrity of Indonesia's Capital Markets, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (8/4/2010).

Laporan keuangan perseroan juga menjadi acuan untuk keputusan investasi investor. Laporan keuangan yang menjadi acuan tersebut membuat perlunya pengawas independen untuk profesi auditor dan akuntan publik.

"Pentingnya laporan keuangan terhadap keputusan investasi investor untuk memperhitungkan risiko investor dan alokasi modal," ujar Lily.

Lebih lanjut, Lily mengatakan, saat ini di Indonesia belum mempunyai pengawas independen untuk profesi auditor dan akuntan publik. Sedangkan di Amerika ada public company accounting oversight board, Inggris ada financial reporting council.

Sementara di Hong Kong dan Australia pun memiliki badan serupa. "Sedangkan di Indonesia belum ada badan serupa, sehingga usulan badan serupa dapat dimasukkan dalam revisi undang-undang pasar modal," ujar Lily.

Pelanggaran standar akuntansi yang biasa dilakukan segmen pelaporan, pendapatan, dan konsolidasi kepemilikan perseroan.
sumber: okezone